Skip to content

Apa itu Google reCAPTCHA ? Pengertian dan Cara Kerjanya

March 13, 2023
.

reCAPTCHA adalah sebuah program keamanan yang dikembangkan oleh Google yang digunakan untuk membedakan antara manusia dan bot saat melakukan aktivitas di internet. Program ini diciptakan untuk memerangi aktivitas bot yang sering merugikan pengguna internet seperti spam, phishing, dan penipuan online.

Seiring dengan perkembangan teknologi, bot atau program komputer yang dirancang untuk meniru aktivitas manusia semakin sulit dideteksi. Oleh karena itu, reCAPTCHA hadir sebagai solusi untuk memastikan bahwa orang yang mengakses halaman web adalah manusia yang sesungguhnya.

Artikel ini akan membahas mengenai reCAPTCHA Google secara detail, meliputi pengertian, cara kerja, jenis-jenis, dan manfaatnya dalam dunia internet.

Pengertian Google reCAPTCHA

reCAPTCHA adalah program keamanan yang dikembangkan oleh Google yang bertujuan untuk membedakan antara manusia dan bot saat melakukan aktivitas di internet. Program ini diluncurkan pada tahun 2007 oleh Luis von Ahn, seorang profesor dari Carnegie Mellon University, dan dibeli oleh Google pada tahun 2009.

Program ini dirancang untuk mengatasi masalah spam dan aktivitas bot di internet. Dalam beberapa tahun terakhir, bot semakin sulit dideteksi karena semakin pintar dan canggih. Hal ini membuat Google memperbarui teknologi reCAPTCHA untuk memastikan bahwa manusia yang mengakses halaman web adalah manusia yang sesungguhnya.

Cara Kerja reCAPTCHA Google

reCAPTCHA bekerja dengan cara menampilkan gambar atau teks yang terdistorsi dan meminta pengguna untuk mengidentifikasi atau memasukkan informasi yang terdapat pada gambar atau teks tersebut. Informasi yang diminta bisa berupa angka, huruf, atau kombinasi keduanya.

Contohnya, jika pengguna ingin mengakses suatu halaman web yang dilindungi oleh reCAPTCHA, maka akan muncul sebuah gambar atau teks yang terdistorsi dan meminta pengguna untuk memasukkan informasi yang terdapat pada gambar atau teks tersebut. Informasi yang diminta harus diinput dengan benar agar pengguna dapat mengakses halaman web tersebut.

Gambar atau teks yang terdistorsi tersebut berasal dari proses OCR (Optical Character Recognition) atau pengenalan karakter optik. Proses ini dilakukan untuk mengubah teks yang berada pada gambar menjadi teks yang dapat dibaca oleh komputer. Namun, proses OCR tidak selalu sempurna sehingga sering terjadi kesalahan pengenalan karakter.

reCAPTCHA Google mengandalkan proses OCR untuk menghasilkan gambar atau teks yang terdistorsi. Setelah pengguna memasukkan informasi yang diminta, reCAPTCHA akan membandingkan informasi yang dimasukkan dengan informasi yang seharusnya muncul pada gambar atau teks. Jika informasi yang dimasukkan sama dengan informasi yang seharusnya muncul, maka pengguna dianggap manusia yang sesungguhnya dan diperbolehkan mengakses halaman web yang dilindungi.

Artikel lainnya

Mengapa Bisnis Membutuhkan Website WordPress ?

Sebuah website telah menjadi kebutuhan esensial bagi setiap bisnis yang ingin bertahan dan berkembang di pasar modern. Di antara berbagai platform pembangun website yang tersedia,…

Website Membantu Agen Travel Mencapai Tujuan

Dalam era di mana teknologi dan internet telah menjadi tulang punggung industri perjalanan, kehadiran sebuah website menjadi krusial bagi agen perjalanan. Platform WordPress, dengan segala…

Tingkatkan Penjualan dengan Website Toko Online

Meningkatkan Penjualan Online Anda dengan Website Toko Online WordPressMembangun toko online yang efektif dan optimal untuk meningkatkan penjualan Anda di internet dapat menjadi tantangan tersendiri….