Skip to content

Perbedaan Page dan Post di WordPress

May 15, 2023
.
ilustration by undraw.co

Perbedaan Page dan Post di WordPress adalah bahwa Page digunakan untuk halaman statis dan informasi yang tidak terlalu sering berubah, sedangkan Post digunakan untuk konten yang diterbitkan secara berkala dan diatur berdasarkan tanggal publikasi.

WordPress adalah platform CMS (Content Management System) yang sangat populer dan digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Saat Anda mulai menggunakan WordPress, secara default tersedia 2 menu untuk menambahkan konten didalam website, yaitu Post dan Page. Mungkin abda akan bingung dengan perbedaan antara Page dan Post. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan antara Page dan Post di WordPress.

1. Page

Page adalah halaman statis yang biasanya digunakan untuk menampilkan informasi penting di situs web Anda. Page tidak berubah terlalu sering dan biasanya digunakan untuk menyajikan informasi yang umumnya tidak berubah. Contoh halaman adalah “Tentang Kami”, “Kontak Kami”, “Kebijakan Privasi”, “FAQ”, dan lain-lain. Beberapa fitur dari Page di WordPress:

  • Tidak mempunyai tanggal publikasi dan waktu terbit
  • Tidak diatur berdasarkan kategori atau tag
  • Bisa dibuat subhalaman
  • Tidak memiliki fitur komentar bawaan

2. Post

Post adalah konten yang biasanya di-publish secara berkala, seperti artikel blog atau berita. Post menampilkan informasi terbaru dan diatur berdasarkan tanggal publikasi. Setelah diterbitkan, post akan muncul di halaman blog Anda. Beberapa fitur dari Post di WordPress:

  • Memiliki tanggal publikasi dan waktu terbit
  • Dapat diatur berdasarkan kategori atau tag
  • Tidak bisa dibuat subhalaman
  • Memiliki fitur komentar bawaan

Perbedaan Page dan Post di WordPress adalah bahwa Page digunakan untuk halaman statis dan informasi yang tidak terlalu sering berubah, sedangkan Post digunakan untuk konten yang diterbitkan secara berkala dan diatur berdasarkan tanggal publikasi.

Kesimpulannya, baik Page maupun Post memiliki peran yang sangat penting dalam membuat situs web di WordPress. Dalam pengaturan halaman dan menu situs web, pastikan untuk memilih Page atau Post yang sesuai dengan jenis konten yang ingin Anda tampilkan. Dengan memahami perbedaan antara Page dan Post di WordPress, Anda dapat membuat situs web yang lebih terorganisir dan mudah dinavigasi bagi pengunjung.

Referensi : Post vs. Page 

Tags in ,

Artikel lainnya

Cara Hapus Revisi Post WordPress

Untuk mencegah pengguna kehilangan data ketika mengedit post WordPress menyediakan fitur Revision atau revisi, yang menyimpan setiap perubahan yang di lakukan ketika mengedit post atau…

Website Membantu UMKM Meningkatkan Merk

Memiliki Website Membantu UMKM dalam Meningkatkan Merk, bukan hanya sekedar alat informasi, tetapi juga menjadi media yang efektif untuk meningkatkan brand. Berikut ini adalah beberapa…

Mengapa Bisnis Membutuhkan Website WordPress ?

Sebuah website telah menjadi kebutuhan esensial bagi setiap bisnis yang ingin bertahan dan berkembang di pasar modern. Di antara berbagai platform pembangun website yang tersedia,…