Skip to content

Domain ID, pengertian dan kelebihannya

Domain .id adalah domain kode negara tingkat atas (ccTLD) untuk Indonesia. Domain ini dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia), sebuah lembaga nirlaba yang ditunjuk oleh pemerintah Indonesia untuk mengelola dan memfasilitasi pendaftaran domain .id.

Pengertian Domain dari sebuah website

Domain .id merupakan domain yang populer digunakan oleh perusahaan, bisnis, organisasi, dan individu di Indonesia untuk membangun identitas online mereka. Ada beberapa subdomain yang tersedia dalam domain .id, seperti .co.id untuk bisnis komersial, .go.id untuk pemerintah, .ac.id untuk lembaga pendidikan, dan sebagainya.

Sejarah

Domain .id mulai diperkenalkan pada tahun 1993 oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) yang saat itu masih dikenal dengan nama PANDI-ID. Pada awalnya, domain .id hanya digunakan oleh organisasi dan lembaga pemerintah di Indonesia, seperti kementerian, departemen, dan lembaga lainnya.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan semakin luasnya penggunaan internet di Indonesia, domain .id mulai dibuka untuk digunakan oleh perusahaan swasta dan individu pada tahun 2004. Hal ini membuka peluang bagi banyak pengguna untuk memiliki identitas online yang lebih personal dan mudah diakses.

Seiring dengan perkembangan penggunaan internet di Indonesia, PANDI terus berupaya untuk memperluas dan memperbaiki layanan domain .id. Pada tahun 2014, PANDI meluncurkan domain .id dengan ekstensi yang lebih pendek, yaitu .id, sebagai alternatif untuk domain-domain dengan subdomain yang lebih panjang, seperti .co.id dan .go.id.

Pada tahun 2018, PANDI juga meluncurkan program “IDGo” yang bertujuan untuk memperkenalkan domain .id secara lebih luas kepada masyarakat dan mendukung pengembangan bisnis online di Indonesia. Program ini memberikan kemudahan dan insentif bagi pengguna yang ingin mendaftarkan domain .id.

Saat ini, domain .id telah menjadi salah satu domain populer di Indonesia, digunakan oleh berbagai jenis organisasi, perusahaan, dan individu untuk membangun identitas online mereka dan memperluas jangkauan bisnis di dunia digital.

Macam-macam domain ID

Berikut adalah beberapa macam domain .id yang tersedia:

  1. .co.id: domain ini biasanya digunakan oleh perusahaan atau bisnis komersial di Indonesia. Syarat pendaftaran domain .co.id adalah perusahaan yang mendaftar harus memiliki izin usaha dan identitas usaha yang sah.

  2. .go.id: domain ini digunakan oleh lembaga pemerintah di Indonesia. Syarat pendaftaran domain .go.id adalah lembaga pemerintah harus terdaftar dan memiliki identitas yang sah.

  3. .ac.id: domain ini digunakan oleh lembaga pendidikan di Indonesia, seperti perguruan tinggi, sekolah, atau lembaga pendidikan lainnya. Syarat pendaftaran domain .ac.id adalah lembaga pendidikan harus memiliki izin dan identitas yang sah.

  4. .sch.id: domain ini juga digunakan oleh lembaga pendidikan, namun khusus untuk sekolah-sekolah di Indonesia. Syarat pendaftaran domain .sch.id adalah sekolah harus memiliki izin dan identitas yang sah.

  5. .web.id: domain ini biasanya digunakan oleh individu atau organisasi non-profit untuk membangun identitas online mereka.

  6. .my.id: domain ini juga digunakan oleh individu atau organisasi non-profit untuk membangun identitas online mereka.

  7. .biz.id: domain ini digunakan oleh perusahaan atau bisnis yang memiliki aktivitas bisnis di Indonesia. Syarat pendaftaran domain .biz.id adalah perusahaan harus memiliki izin usaha dan identitas usaha yang sah.

  8. .or.id: domain ini digunakan oleh organisasi nirlaba atau non-profit di Indonesia. Syarat pendaftaran domain .or.id adalah organisasi harus memiliki identitas yang sah sebagai organisasi nirlaba atau non-profit.

  9. .net.id: domain ini biasanya digunakan oleh penyedia layanan internet atau jasa teknologi informasi di Indonesia. Syarat pendaftaran domain .net.id adalah perusahaan harus memiliki izin usaha dan identitas usaha yang sah.


Kelebihan

Berikut adalah beberapa kelebihan dari menggunakan domain .id:

  1. Merepresentasikan identitas dan kebanggaan sebagai bagian dari Indonesia: Dengan menggunakan domain .id, pengguna dapat merepresentasikan identitas dan kebanggaan sebagai bagian dari Indonesia di ranah digital. Hal ini dapat membantu memperkuat branding dan citra perusahaan atau individu di mata pengguna.

  2. Memberikan kepercayaan dan keamanan: Domain .id yang dikelola oleh PANDI memberikan jaminan keamanan dan kepercayaan terhadap pengguna. Pendaftaran domain .id membutuhkan verifikasi identitas yang ketat, sehingga pengguna dapat memastikan bahwa domain mereka diakses oleh pengguna yang sah.

  3. Meningkatkan SEO: Penggunaan domain .id yang sesuai dengan konten website dapat membantu meningkatkan ranking website di mesin pencari, terutama bagi pengguna yang ingin menargetkan pengunjung dari Indonesia. Hal ini karena mesin pencari seperti Google akan lebih memprioritaskan website dengan domain lokal seperti .id dalam hasil pencarian.

  4. Membantu memperluas pasar: Dengan menggunakan domain .id, perusahaan atau individu dapat memperluas pasar ke Indonesia, mengingat bahwa domain .id secara khusus diidentifikasi dengan negara ini. Hal ini dapat membantu meningkatkan peluang bisnis dan menjangkau lebih banyak pelanggan di pasar lokal.

  5. Menjaga regulasi pemerintah: Pemerintah Indonesia mengatur penggunaan domain .id untuk memastikan penggunaan domain tersebut sejalan dengan peraturan dan regulasi pemerintah. Oleh karena itu, dengan menggunakan domain .id, perusahaan atau individu dapat memastikan bahwa aktivitas mereka di dunia maya diatur dan sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia.


Harga

Harga domain .id dapat bervariasi tergantung pada registrar yang digunakan untuk pendaftaran dan jenis domain yang dipilih.

Sebagai gambaran, pada saat penulisan, harga domain ID di Domainesia berkisar antara Rp 230.000 untuk tahun pertama, tergantung pada jenis domain yang dipilih dan promosi yang tersedia. Untuk .my.id bahkan lebih murah hanya Rp 12.000. Namun, harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan dan promosi yang diberikan oleh penyedia layanan domain.

Perlu diingat bahwa harga tersebut hanya perkiraan dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga yang lebih tinggi atau lebih rendah dapat tergantung pada faktor-faktor seperti masa registrasi dan promo yang ditawarkan oleh registrar tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya memeriksa dengan cermat dan membandingkan harga dari berbagai registrar sebelum memutuskan untuk mendaftar domain .id.

Kesimpulan

Proses pendaftaran domain .id tergolong mudah dan terjangkau, dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti memiliki identitas yang sah dan valid, serta alamat korespondensi yang jelas. Biaya pendaftaran domain .id juga bervariasi tergantung pada registrar atau penyedia layanan domain yang digunakan, namun secara umum tergolong terjangkau dan dapat diakses oleh banyak pengguna di Indonesia.

Perlu diperhatikan bahwa pendaftaran dan penggunaan domain .id juga tunduk pada aturan dan regulasi yang ditetapkan oleh PANDI, serta hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk mematuhi ketentuan tersebut agar tidak terjadi pelanggaran dan konflik hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Related Posts