Skip to content

Mengenal dan Menggunakan Gutenberg di WordPress

WordPress adalah platform blogging yang sangat populer yang digunakan oleh jutaan situs web di seluruh dunia. Sejak dirilis pada tahun 2003, WordPress terus berkembang dan menawarkan berbagai fitur baru yang memudahkan pengguna untuk membuat dan mengelola situs web mereka. Salah satu fitur baru yang paling menarik dari WordPress adalah editor Gutenberg.

Gutenberg adalah editor visual yang sepenuhnya baru untuk WordPress. Editor ini pertama kali diperkenalkan dalam versi 5.0 WordPress dan menjadi pengganti dari editor klasik yang sudah ada sebelumnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang Gutenberg di WordPress, fitur-fitur yang ditawarkannya, dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa itu Editor Gutenberg?

Gutenberg adalah editor visual yang sepenuhnya baru untuk WordPress. Nama “Gutenberg” diambil dari nama Johannes Gutenberg, seorang penemu yang dikenal sebagai orang yang menciptakan mesin cetak pada abad ke-15. Dalam hal ini, nama “Gutenberg” digunakan untuk mencerminkan kekuatan editor yang dapat membantu pengguna untuk menciptakan konten WordPress dengan mudah.

Editor Gutenberg dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan proses penulisan dan pengeditan konten di WordPress. Editor ini memungkinkan pengguna untuk membuat konten dengan memasukkan blok-blok yang berbeda seperti teks, gambar, video, audio, dan banyak lagi. Blok-blok ini dapat ditempatkan dengan mudah dan diatur sesuai keinginan.

Mengapa WordPress Mengembangkan Editor Gutenberg?

Sebelum Gutenberg, WordPress menggunakan editor klasik yang sangat sederhana dan terbatas. Editor klasik memungkinkan pengguna untuk menulis teks dan menambahkan gambar atau video, namun tidak ada fitur-fitur yang lebih canggih seperti kolom, tata letak yang kompleks, dan lain sebagainya.

Dalam upaya untuk memperbarui editor mereka, WordPress merilis editor Gutenberg yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan berbagai jenis konten ke dalam satu halaman tanpa perlu menggunakan kode HTML atau CSS. Editor Gutenberg memperkenalkan konsep “blok” yang memungkinkan pengguna untuk mengatur konten dengan lebih mudah dan lebih intuitif.

Fitur-Fitur Editor Gutenberg

a. Blok-Blok Konten

Salah satu fitur paling menonjol dari editor Gutenberg adalah konsep blok-blok konten. Blok-blok ini dapat berisi teks, gambar, video, audio, dan banyak lagi. Setiap blok memiliki fungsi yang berbeda dan dapat ditempatkan di mana saja pada halaman dengan mudah.

b. Blok-Blok Format

Gutenberg juga menyertakan beberapa blok-blok format seperti judul, paragraf, kutipan, dan lain sebagainya. Blok-blok ini memungkinkan pengguna untuk mengatur format dan gaya konten mereka dengan mudah.

c. Tampilan Live

Dalam editor Gutenberg, pengguna dapat melihat tampilan live dari halaman yang mereka sedang edit. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat secara langsung bagaimana halaman mereka akan terlihat saat diterbitkan.

d. Pencarian Blok

Gutenberg menyertakan fitur pencarian blok yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mencari blok yang ingin mereka gunakan. Pengguna dapat memasukkan kata kunci seperti “gambar” atau “judul” dan Gutenberg akan menampilkan semua blok yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

e. Pengaturan Lanjutan

Gutenberg juga menyediakan pengaturan lanjutan yang memungkinkan pengguna untuk mengubah format, gaya, dan ukuran blok dengan mudah. Pengguna dapat mengubah warna teks, ukuran font, dan banyak lagi.

f. Integrasi yang Lebih Baik dengan Tema WordPress

Gutenberg dirancang untuk bekerja dengan tema WordPress yang ada dengan lebih baik daripada editor klasik. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat halaman yang lebih kompleks dan menarik dengan lebih mudah dan cepat.

Cara Menggunakan Editor Gutenberg

Menggunakan editor Gutenberg sangat mudah dan sederhana. Untuk memulai, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

a. Pastikan WordPress Anda diperbarui ke versi terbaru.

b. Buka halaman atau posting yang ingin Anda edit.

c. Klik tombol “Edit dengan Gutenberg” untuk membuka editor Gutenberg.

d. Mulai menambahkan blok-blok konten ke halaman atau posting Anda.

e. Atur tata letak dan gaya konten Anda menggunakan pengaturan yang tersedia.

f. Lihat tampilan live dari halaman Anda untuk memastikan semuanya terlihat seperti yang Anda inginkan.

g. Simpan atau terbitkan halaman atau posting Anda.

Keuntungan Menggunakan Editor Gutenberg

a. Lebih Mudah dan Intuitif

Editor Gutenberg memungkinkan pengguna untuk membuat konten dengan mudah dan intuitif. Dengan menggunakan blok-blok konten, pengguna dapat menambahkan berbagai jenis konten ke dalam satu halaman dengan mudah dan cepat.

b. Lebih Fleksibel

Gutenberg memungkinkan pengguna untuk membuat halaman atau posting yang lebih fleksibel dan menarik. Dengan adanya berbagai blok-blok konten dan format yang tersedia, pengguna dapat membuat tampilan halaman yang lebih menarik dan unik.

c. Lebih Cepat

Gutenberg dirancang untuk mempercepat proses pembuatan konten di WordPress. Dengan menggunakan blok-blok konten, pengguna dapat membuat halaman atau posting dengan lebih cepat daripada menggunakan editor klasik.

d. Lebih Mudah Dikelola

Gutenberg membuat pengelolaan konten di WordPress lebih mudah dan sederhana. Dengan menggunakan blok-blok konten, pengguna dapat dengan mudah mengelola tata letak dan format konten mereka.

e. Integrasi yang Lebih Baik dengan Tema WordPress

Gutenberg dirancang untuk bekerja dengan tema WordPress yang ada dengan lebih baik daripada editor klasik. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat halaman yang lebih kompleks dan menarik dengan lebih mudah dan cepat.

Kesimpulan

Editor Gutenberg adalah fitur yang sangat bermanfaat untuk pengguna WordPress yang ingin membuat konten yang lebih kompleks dan menarik. Dengan menggunakan blok-blok konten, pengguna dapat membuat halaman atau posting dengan mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Related Posts