Skip to content

Meningkatkan max_input_vars di WordPress

Website PHP atau WordPress tiba-tiba memunculkan error max_input_vars, bagaimana cara meningkatkannya agar website kembali normal. Anda tak perlu khawatir!, kami akan memberikan panduan lengkap untuk meningkatkan max_input_vars.

Pengertian max_input_vars

max_input_vars adalah pengaturan konfigurasi pada server web yang menentukan jumlah maksimum variabel input yang akan diterima oleh server dalam satu permintaan HTTP. Variabel input ini merujuk pada data yang dikirim oleh formulir HTML atau melalui permintaan POST atau GET.

Ketika pengguna mengirimkan formulir atau permintaan HTTP dengan banyak variabel input, server perlu memproses data tersebut. max_input_vars digunakan untuk mengendalikan jumlah maksimum variabel input yang akan diterima oleh server. Jika jumlah variabel input melebihi nilai max_input_vars, server akan memotong variabel input yang melebihi batas tersebut.

Secara default, nilai max_input_vars adalah 1000 di sebagian besar server web. Namun, nilainya dapat diubah dalam file konfigurasi server seperti php.ini pada server PHP. Jika Anda mengalami masalah dengan formulir atau permintaan HTTP yang tidak memproses semua variabel input, mungkin perlu meningkatkan nilai max_input_vars agar dapat menangani jumlah variabel input yang lebih besar.

Perlu dicatat bahwa pengaturan max_input_vars hanya mempengaruhi variabel input yang dikirim melalui permintaan POST atau GET. Variabel input yang disimpan dalam cookie atau data lainnya tidak terpengaruh oleh pengaturan ini.

Meningkatkan max_input_vars

Melalui .htaccess

  1. Buka file .htaccess pada direktori root proyek Anda (jika sudah ada), atau buat file baru jika belum ada.
  2. Tambahkan baris berikut pada file .htaccess
    php_value max_input_vars 2000
  3. Gantilah 2000 dengan nilai yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Simpan perubahan pada file .htaccess.

Melalui wp-config.php

  1. Buka file wp-config.php pada instalasi WordPress Anda menggunakan editor teks.
  2. Cari bagian yang mencakup definisi konstan WP_DEBUG dalam file tersebut. Biasanya, bagian ini berada di dekat awal file wp-config.php.
  3. Setelah bagian WP_DEBUG, tambahkan baris berikut untuk mengatur nilai max_input_vars:
    ini_set('max_input_vars', 2000);
  4. Gantilah 2000 dengan nilai yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Simpan perubahan pada file wp-config.php.

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas dan masih menemui error max_input_vars, berarti saatnya untuk menghubungi penyedia hosting Anda. 

Anda bisa menanyakan ke penyedia hosting tentang angka default max_input_var yang ditetapkan. Lalu, jika belum sesuai kebutuhan, Anda bisa meminta penyesuaian di angka yang lebih tinggi seperti 3000 atau 5000. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Related Posts