Skip to content

Pengertian dari PostgreSQL

Dibalik sebuah website ada database yang digunakan untuk mengolah data penting. Itulah kenapa memilih manajemen database haruslah tepat. Nah, PostgreSQL adalah salah satu alternatif terbaik. 

Kenapa demikian? PostgreSQL merupakan database yang punya segudang fitur canggih untuk membuat pengelolaan data lebih mudah. Menariknya, Anda bisa menggunakannya dengan gratis.

Apa itu PostgreSQL?

PostgreSQL adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang open-source dan kuat. Nama “PostgreSQL” sendiri merupakan kependekan dari “Postgres” yang berarti “Post Ingres,” mengacu pada proyek awalnya yang merupakan turunan dari sistem manajemen basis data Ingres.

PostgreSQL dirancang untuk menawarkan kehandalan, skalabilitas, dan fleksibilitas tinggi. Basis data ini mendukung banyak fitur canggih dan standar industri yang membuatnya menjadi salah satu RDBMS yang paling populer dan banyak digunakan di dunia.

Fitur dari PostgreSQL

Berikut adalah beberapa fitur utama dari PostgreSQL:

  1. Model Relasional: PostgreSQL mengadopsi model relasional dan mendukung bahasa kueri SQL untuk mengelola dan memanipulasi data.
  2. Skema dan Penyusunan: PostgreSQL memungkinkan Anda untuk membuat skema yang terstruktur untuk basis data Anda, menetapkan tipe data, batasan, dan hubungan antartabel.
  3. Transaksi: PostgreSQL mendukung transaksi ACID (Atomicity, Consistency, Isolation, Durability), yang memastikan integritas data dan konsistensi dalam lingkungan multi-pengguna.
  4. Fungsi dan Prosedur Simpan: Anda dapat membuat fungsi dan prosedur simpan di PostgreSQL menggunakan bahasa pemrograman seperti PL/pgSQL, PL/Python, PL/Perl, dan banyak lagi.
  5. Indeks dan Optimisasi Kueri: PostgreSQL menyediakan berbagai jenis indeks untuk meningkatkan kinerja kueri. Selain itu, sistem perencanaan kueri yang cerdas memungkinkan optimisasi kueri yang efisien.
  6. Replikasi dan Kepantasan: PostgreSQL mendukung replikasi yang terdistribusi dan memungkinkan Anda untuk membuat salinan basis data yang dapat digunakan untuk meningkatkan ketersediaan dan ketahanan sistem.
  7. Ekstensibilitas: PostgreSQL memungkinkan pengembang untuk membuat ekstensi khusus yang menambahkan fitur dan fungsionalitas baru ke dalam sistem.
  8. Keamanan: PostgreSQL menyediakan berbagai mekanisme keamanan, termasuk autentikasi pengguna, izin akses, enkripsi data, dan pemantauan aktivitas.

PostgreSQL dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari proyek kecil hingga skala besar. Baik itu untuk pengembangan aplikasi web, aplikasi bisnis, analisis data, atau pengelolaan data berskala enterprise, PostgreSQL menawarkan fleksibilitas dan kemampuan yang kuat untuk mengelola basis data Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Related Posts