Home / Blog / Apa itu Page Builder di WordPress ?

Apa itu Page Builder di WordPress ?

November 26, 2022
.

Page Builder adalah sebuah plugin yang tersedia untuk CMS WordPress yang memungkinkan Anda membuat, mengedit, dan menyesuaikan tata letak website tanpa menulis kode apa pun. Plugin ini telah meyediakan tampilan dan fitur yang mudah digunakan untuk mengelola tata letak, desain dan elemen dari sebuah website. Page Builder biasanya juga telah menyediakan tampilan pratinjau untuk melihat hasil jadi dari desain yang dibuat.

Mengapa perlu menggunakan Page Builder ?

Dalam membangun sebuah website di WordPress kita telah diberikan banyak pilihan Theme atau tema dengan tampilan dan fitur yang tersedia. Tapi beberapa tema memilki pilihan kostumisasi yang terbatas dan tidak mudah untuk diubah.

Disinilah peran dari Page Builder diperlukan, sebagai sebuah plugin Page builder memberikan kemudahan dan fungsi yang dibutuhkan untuk membuat, merubah dan mengelola tampilan atau layout dari sebuah website.

Beberapa Page builder bahkan menyediakan pilihan template yang bisa digunakan, sesuai dengan tujuan dari website. Mulai dari Toko Online, Fotographer, Kuliner dan Profil perusahaan.

Keunggulan dari Page Builder

Page builder di WordPress menyediakan tampilan edit yang mudah digunakan. Layaknya saat menggunakan aplikasi desain, kita bisa menambah elemen dan menggesernya dengan cara Drag & Drop. Plugin ini juga telah menyediakan elemen atau komponen dari website yang umum digunakan diwebsite seperti heading, gambar, video, dan teks.

Pilihan Page Builder yang tersedia

Nah ini dia salah satu keuntungan menggunakan CMS WordPress, dengan komunitas yang besar wordpress telah didukung banyak developer. Disini kami akan memberikan beberapa Plugin Page Builder yang tersedia di wordpress :

1. Beaver Builder

Beaver Builder adalah plugin pembuat halaman website dengan fitur drag & drop yang populer untuk WordPress. Dengan antarmuka yang mudah di gunakan dan dipelajari, serta kita akan disambut dengan tur onboarding bawaan mereka.

Beaver Builder hadir dengan antarmuka drag-and-drop langsung. Anda dapat melihat semua perubahan saat menambahkannya dengan menyeret elemen dari sidebar kanan dan meletakkannya di halaman Anda. Anda dapat mengklik elemen apa pun di halaman untuk mengedit propertinya.

Ada modul yang memungkinkan kita untuk menambahkan hampir semua yang diperlukan termasuk sliders, carousels, backgrounds, content blocks, buttons, dan lainnya. Itu juga dilengkapi dengan lebih dari 30 template yang dirancang dengan baik untuk halaman arahan yang membuatnya sangat mudah dan super cepat untuk membuat tata letak situs web yang menakjubkan.

Kami menganggap Beaver Builder sangat ramah bagi pemula. Lihat tutorial kami tentang cara membuat tata letak WordPress khusus dengan Beaver Builder. Ingin tahu apakah ini kompatibel dengan versi WordPress yang baru? Ya itu. Beaver Builder telah diperbarui untuk bekerja bersama editor WordPress Gutenberg yang baru.

 

2. Elementor Pro

Elementor hadir dengan banyak widget pelengkap elemen situs web yang paling umum digunakan. Dari widget gambar dan teks dasar hingga ccordions, sliders, testimonials, icons, social media, tabs, dan lainnya. Setiap widget dilengkapi dengan pengaturannya sendiri. Elementor juga memungkinkan Anda menambahkan widget yang dibuat oleh plugin WordPress lainnya.

Elementor juga menyediakan banyak template siap pakai yang dapat kita gunakan dengan mudah ke halaman website. Cukup mengarahkan dan mengklik untuk mengedit item yang ada di halaman, edit isi konten, dan simpan.

3. Divi

Divi Builder hadir dengan editor visual WYSIWYG (what you see is what you get) dengan fungsi drag & drop nya. Divi meiliki lusinan modul konten yang dapat dipasang di mana saja di tata letak Website kita . Ini memungkinkan kita untuk mengatur modul ini dalam beberapa tipe bagian dan tipe baris. Dan dapat menyesuaikan setiap elemen menggunakan pengaturan desain lanjutannya.

Divi biasanya di jual dalam bentuk paket bersama dengan Theme dan produk lainnya dari Elegant Themes. Tapi kita masih bisa menggunakannya dengan Theme lainnya

 

Dari yang telah kami sebutkan diatasnya memang belum semuanya yang tersedia di WordPress, namun itu adalah beberapa plugin yang cukup populer dibanding yang lainnya. Plugin-plugin ini memilki versi gratis dan berbayarnya, dengan versi Pro nya tentu kita bisa mendapatkan lebih banyak fitur dan dukungan support lainnya.

Apakah Kita Masih Membutuhkan Page Builder jika Saya Menggunakan Editor Blok WordPress Baru?

Editor blok WordPress, juga dikenal sebagai Gutenberg, secara resmi diluncurkan sebagai editor WordPress default baru. Editor baru menggunakan blok yang merupakan elemen konten untuk membuat halaman dan posting. Tapi unutk saat ini gutenberg kami rasa masih cukup sulit digunakan oleh pemula.

Kami rasa cukup untuk saat ini, terima kasih sudah membaca..